Selamat Datang Di BASECAMP PRO-IT......Spesialis Perbaikan Dan Modifikasi Laptop

Sabtu, 06 Juli 2013

Kerusakan Printer Karena Modifikasi Infus (Tabung Tinta)


Taukah anda, mengapa setelah pemasangan modifikasi inpus, printer anda akan bermasalah setelah 7 s/d 10 hari ????
-------------
 Banyak keluhan yang beraneka ragam datang kepada saya prihal Printer Canon yang telah dilakukan modifikasi infus. Seperti diantaranya :

  1. Hasil Cetak tidak maximal seperti: Membayang, bergaris, kabur,putus-putus, lompat 2 spasi, printer jadi jorok karena tumpahan tinta dimana-mana.
  2. Setiap 2 minggu sekali selalu saja harus mengganti catrid baik warna atau hitam ataupun keduanya.
  3. Kertas sering nyangkut atau istilah Tekhnisi adalah Paper JUMP.
  4. Baru di pakai beberapa hari printer mati
 Modifikasi infus bertujuan semata-mata untuk melakukan penghematan biaya dan efesiensi waktu dari :
  • Pembelian Catrid dalam waktu relatif singkat yang harganya cukup relatif mahal dan jika penggantian sepasang catried maka biaya yg kita keluarkan adalah berbanding lurus dengan harga pembelian sebuah printer baru, karena pada dasarnya pihak produsen Canon tidak merekomendasikan printer anda untuk di lakukan modifikasi infus atau penyuntikan (pengisian) tinta.
  • Pengisian/refill tinta yg ber-ulang kali dilakukan, dikarenakan volume catrid tdk sebanding dengan bahan materi atau data yang akan dicetak.
 Ada 2 hal yang menyebabkan ini semua terjadi, yitu:
  1. Pemasangan Modifikasi Infus yang kurang Benar
  2. Perawatan/system pemakaian User yang kurang memiliki pemahaman.
Pemasangan bentuk Modifikasi Infus beraneka ragam yang dapat kita temukan di lapangan, dan harga yang beraneka ragam pula, harga jasa pemasangan infus beserta Botol Infusnya berkisar dari 75.000 hingga 125.000,-, bahkan ada pula sebagian toko komputer memberikan pelayanan pemasangan Gratis untuk modifikasi infus jika anda membeli Printer di toko tersebuat, dengan alsan "Paket Murah".
Tapi apapun itu..yakinlah anda akan Hukum Ekonomi dimana Harga tidak berbanding lurus dengan Qualitas, artinya semakin "Tinggi Qualitas suatu Barangarang/Jasa yang  di tawarkan oleh Produsen maka Harga yang akan di bayarkan oleh Konsumen juga akan semakin besar".

Mengapa System Pemangan Modifikasi Infus sangat berpengaruh terhadap kinerja Printer...?
Jelas saja sangat berpengaruh dikarenakan adanya penambahan perangkat lain pada Printer.  Dimana penambahan perangkat tersebut harus memenuhi standard system kerja motorik pada printer, jika tidak maka akan banyak menimbulkan beraneka ragam permasalahan.
Modifikasi Infus adalah penambahan perangkat keras bantu (Tabung Infus) yang di pasangkan pada printer dengan tujuan untuk memberikan Suply atau pasokan tinta pada catrid Printer melalui bantuan selang infus.

 Banyak para produsen atau penjual jasa pemasangan infus yang kurang memahami system dari kerja motorik printer berani melakukan pemasangan infus.
Keberanian tadi didapati dari berbagai sumber diantaranya:
  • Melihat dan mempelajari pihak-pihak lain baik secara langsung maupun melalui media informasi internet yg telah melakukan modifikasi tabung infus. dimana mereka hanya cendrung mempelajari cara pemasangan modifikasi tabung infusnya saja tanpa memepelajari lebih dalam mengenai system kerja motorik printer.
4 Fakta di Lapangan Pemasangan Modifikasi Infus yang tidak sesuai dengan System Kerja  Printer....diantaranya....:

1. Pemasangan dan Penerapan selang tabung infus yang terlampau panjang.
  • Selang yang terlampau panjang telah menyalahi system kerja  printer, mengapa..?
Tjuan utama dari Pemasangan modifikasi infus adalah membantu kerja catride:
  1.  agar Iftank/tabung catrid tidak sempat terjadinya kekosongan pasokan tinta. jika terjadi kekosongan pada pasokan tinta maka rongga tabung/iftank catrid akan terpenuhi oleh udara, dan ini akan menyebabkan hasil cetak yang terputus-putus, kabur dan bergaris.
System kerja Iftank/Tabung catrid secara sederhana bukanlah menyedot tinta untuk keluar, melainkan mengalirkan tinta melalui Printhead secara otomatis, melalui bantuan tekanan udara (katub Udara). Jika ada printah data melalui Contact Data Electrical Catrid untuk mencetak, maka katub udara tadi akan terbuka dan menekan tinta yang tertampung pada busa catrid, dan tintapun akan turun kebawah dan keluar melalui Printhead.
Jadi pemasangan selang tabung infus yang terlampau panjang, tidak akan memaximalkan sirkulasi tinta kedalam Iftank catrid, karena catrid tidaklah berfungsi untuk menyedot tinta. 

  1. 2. Selang yang terlampau panjang akan menyebabkan sirkulasi tinta ke catrid akan terhambat dikarenakan tekanan udara di dalam selang tidak mampu mendorong selang hingga kedalam catrid dan besar kecendrungan terjadinya pengepulan udara di dalam selang (masuk angin). dan ini mengakibatkan tinta akan tertahan di dalam selang dan tidak akan bisa turun kedalam iftank catrid.
  1. 3. Dampak fatalnya, Iftank catrid terjadi kekosongan pasokan tinta, sementara catrid dipaksa trus bekerja untuk mencetak suatu media gambar/tulsan, alhasilPrint head akan panas dan rusak dikarenakan adanya tekanan udara yang terlampau besar didalam iftank catrid. 
 2.  Pemasangan Selang Infus yang terhimpit Body Printer.

  • Selang yang terhimpit oleh salah satu bagian body printer telah menyalahi system kerja  printer, mengapa..?
Tjuan utama dari Pemasangan modifikasi infus adalah membantu kerja catride untuk memberikan suply tinta kedalam Iftank Catrid.
 Jika terjadi hambatan dari selang atau selang berada pada posisi terhimpit, maka besar kemungkinan terjadinya Penekanan Udara Balik yang cukup besar, sehingga akan membuat pasokan tintta akan terhambat dan besar kemungkinan tinta tidak adapat mengalir pada Iftank catrid.

3. Pemasangan Satu Buah Selang Pembuangan untuk Sampah Tinta Printer
Selang Pembuangan yang hanya satu buah  telah menyalahi system kerja  printer, mengapa..?
 Tjuan utama dari Pemasangan modifikasi infus adalah membantu kerja catride untuk memberikan suply tinta kedalam Iftank Catrid dan membantu untuk mengeluarkan sampah tinta dari pemakaian Tinta yang Over.
Secara defoult/bawaan pabrikan, pihak produsen Canon telah mendesain system pembuangan sampah Tinta pada printer Canon, yg ditempatkan pada suatu system kerja Motorik Printer. Untuk menyalurkan sampah tinta tadi pihak pabrikan telah membuatkan 2 buah selang pembanguan, yang tertampung pada spon/busa pembuangan yang berada di body bagian bawah printer. 
Mengapa pemasangan modifikasi tabung infus diwajibkan untuk menyambung selang pembuangan keluar body printer, dikarenakan daya tampung catrid printer maximal hanyalah 30ml tinta, dari 30ml tinta tersebut akan terbuang secara otomastis disaat catrid melakukan filtering sebanyak -+ 20%.
sementara pemasangan modifikasi tabung infus, tinta terisi kedalam tabung yang akan di salurkan kedalam catrid sebanyak 200ml, alhasil akan terjadi over limit penampungan secra cepat.
Jika terjadi over limit penampungan, dimana spon/busa penyerap penampuangan sampah tidak dapat lagi melakukan penampungan, maka sampah tinta akan menggenangi body bawah bagian printer, dan ini berdampak terhadap mainbord/logic bord/mesin electrikal data printer. akibat yang dapat di timbulkannya antara lain:
  1.  mainbord/logic bord akan short (konslet) dan akan menyebabkan kelumpuhan system data dan electrikal pada printer, dampak terparahnya printer akan mati.
  2. System data Failed, dimana system pembacaan printah data akan Eror, sehingga membuat printer hidup tapi tidak bisa bekerja, dikarenakan eror system.
  3. akan menghambat system kerja motorik, dikarenakan tumpukan tintta yg menggenangi daerah/wilayah kerja motor, sehingga membuat kerja motor tersendat-sendat atau putaran roda gird tidak akan dapat lancar.


4. Pemasangan Tabung Infus yang tidak permanen
Pemasangan Tabung Infus yang tidak permanen  telah menyalahi system kerja  printer, mengapa..?
 Tjuan utama dari Pemasangan modifikasi infus adalah membantu kerja catride didalam mensuply pasokan tinta.
Secara teknis penyaluran tinta dari iftank catrid ke printhead catrid, dilakukan karena terbukanya katub udara pada iftank untuk memberikan tekanan udara pada tinta sehingga tinta dapat terdorong keluar melalui printhead catrid. Proses Takanan udara yang terjadi pada catrid telah terukur secara matematis yang akurat oleh pihak pabrikan.
  • Jika tekanan udara yang terjadi itu minim maka akan mengakibat hasil cetak dari catrid akan terputus-putus dan tidak maximal.
  • Jika tekanan udara yang terjadi terlalu besar maka akan mengakibatkan bercak tinta (tinta melebar/tdk fokus) pada hasil cetak catrid.
  • Jika tekanan udara yang terjadi over maka akan mengakibatkan printhead putus di keranakan tidak dapat menahan tekanan udara dalam tabung yg terlampau besar. Alhasil tinta akan selalu menetes keluar catrid, dan berakibat printer menjadi banjir, serta dampak fatalnya catrid akan menjadi buntu, dikarenakan adanya tinta yg mengering pada permukaan print head catrid.
Posisi tabung Infus yang tidak presisi (miring/tdk sejajar dengan body bawah printer) dan tidak permanen (dapat bergerak), dapat menimbulkan tekaan udara yg berlebih yang masuk kedalam selang penyaluran tinta.

Kesimpulan:
Dari tulisan di atas  dapat disimpulakan, bahwa pemasangan tabung infus (modifikasi infus) pada printer bukanlah hal yang sembarangan untuk dapat dilakukan. Ksemuanya membutuhkan perhitungan dan cara yang tepat dan akurat.
Adapun hal-hal yang dapat diperhatikan antara lain:
  1. Panjang selang infus tidak boleh terlalu panjang, maximal panjang selang infus adalah 60cm.
  2. Pemasangan dan penempatan selang infus tidak boleh terhimpit atau terjepit.
  3. Penyambungan selang pembuangan sampah tinta wajib  menggunakan 2 buah selang pembuangan bukan hanya satu selang, dan pastikan secara benar kedua selang berpungsi. dengan indikasi kedua selang pembuangan akan mengeleluarkan tinta pembuangan pada saat printer dihidupakan atau di matikan, atau dengan percobaan menggunakan system 'deep cleaning".
  4.  Pemasangan Tabung Infus haruslah permanent, tidak dapat bergerak. kalau hanya sekedar menggunakan lakban atau doble tape dapat dipastikan tabung akan bergerak pada saat printer bergeser atau terangkat. Dan dari segi Estetika tampilan printer menjadi sangat jorok dan tidak sedap dipandang mata, karena adanya lakban di sana-sini.
Contoh Pemasangan Infus (Modifikasi Infus) pada Printer Canon.


Tampak Depan
 Tampak Belakang
 Tampak Bagian dalam
Dapatkan System Pemasangan Modifikasi Infus Bergaransi
Garansi Service selama 6 bulan, jika dalam waktu 6 bulan pemakaian  catrid mati/rusak akan digantikan dengan catrid baru.



Tidak ada komentar: